Bertempat di Royal Orchid Batu , selama 2 (dua ) hari pada selasa dan rabu (24-25/10), Unit Gugus Jaminan Mutu (GJM) FPUB mengadakan acara “ Workshop Penyusunan Dokumen Standart Operating Procedure (SOP) dan Tinjauan Management ” . Acara yang dihadiri oleh Dekan FPUB ,Wakil Dekan I,II dan III serta diikuti oleh Kajur, Kordinator , Ketua laboratorium dan Laboran masing – masing jurusan juga KTU serta subbag di lingkungan FPUB.

Dalam sambutannya Dekan FPUB Prof.Dr. Nuhfi Hanani AR, MS, menyampaikan bahwa dalam program kepemimpinannya telah mencanangkan peningkatan sarana, prasarana, gedung dan fasilitas serta  pembenahan dan peningkatakan kualitas SDM di lingkungan FP,  seperti peningkatan sarana laboratorium pun sudah ada peningkatan, oleh karenanya perlu adanya dokumen dan standar operasional prosedur (SOP) untuk menunjang semua itu agar dapat mencapai tujuannya terlabih mampu menjaga kualitas.

“SOP tidak lah hanya dalam bentuk kertas atau dokumen, tapi harus lah dalam bentuk realitas nyata di lapangan dengan begitu akan ada hasilnya nyata, dan setiap unit sudah harus mempunyai SOP , dan diharapkan SOP itu sudah bisa berstandar internasional, karena kita sudah mulai banyak kegiatan yang bersifat internasional, terlebih kita akan kedatangan mahasiswa dari Malaysia dan Thailand” ujar nuhfil.

Dr. Ir. Sudarto, MS sebagai Ketua Unit Gugus Jaminan Mutu (GJM) FPUB mengatakan bahwa  acara ini diselenggarakan dalam rangka menyesuaikan peraturan DIKTI tentang perubahan format dari Manual Prosedur (MP) menjadi Standar Operasional Prosedure (SOP), dan sebenarnya prinsipnya sama hanya melengkapi dan merevisi yang belum ada, karena harus menyesuiakan perkembangan situasi dan kondisi saat ini.

Dalam pelaksanaan acara ini setiap peserta melakukan penyusunan isian SOP dalam setiap dokument yang diberikan GJM, serta menyusun MP menjadi SOP sesuai dengan format baru dan diakhir acara setiap unit mempresentasikan hasil dari penyusunan dokumen tersebut, berapa yang telah di selesaikan ataupun yang belum.[zma]