Dalam rangka meningkatkan publikasi artikel ilmiah di lingkungan Fakultas Pertanian, Badan Pengelolaan Jurnal dan Buku (BPJB) Fakultas Pertanian, mengadakan acara “Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk  Publikasi Jurnal” . Acara yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari pada jum’at – sabtu (18-19/08) di Royal Orhid Hotel Batu, yang dibuka oleh Dekan Prof, Dr. Ir, Nuhfil Hanani Ar, Ms, didampingi oleh Ketua BPJB FP Prof. Dr. Ir. Dawam Maghfoer, MS, dan diikuti oleh peserta dari dosen  dan mahasiswa pasca sarjana FP.

Sebagai pemateri pertama Dr.Sc. Akhmad Sabaruddin , S.Si, M.Sc, yang telah memiliki reputasi dalam publikasi, ditunjukkan dengan dalam jumlah sitasi yang tinggi yakni 965, juga dosen kimia di FMIPA ini memberi materi dengan tema “Strategi Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Ilmiah”, dalam pemaparannya beliau menjelaskan bagaiman menulis yang berkualitas harus mempunyai keaslian,adanya kemajuan mamfaat dibidangnya,metode dan kesimpulan yang tepat,mencakup kepentingan ilmiah dan memenuhi standar etika.Selain itu juga tulisan harus memiliki kejelasan, ringkas atau simpel dan memiliki kebenaran atau akurasi,dan juga dijelaskan dalam pemaparannya tentang bagaimana format penulisan yang benar dalam yang sesuai dengan publikasi internasional.

Ketua Badan Ketahanan Jurnal Universitas Brawijaya yakni Prof Dr Ir, Kuswanto , MS, menjadi pemateri selanjutnya, menjelaskan bagaimana ukuran parameter jurnal internasional yang bereputasi,selain harus memiliki Impact Factor tinggi oleh Thomas Reuters, juga jurnal harus sudah ter indeks SJR (Scimago Jurnal Ranking) dan SNIP (Source Normalized Impact per Paper) Scopus,jumlah sitasi artikel yang di publish memiliki H-Indeks baik Scopus, Scimago atau google schoolar dan jurnal sudah memiliki i10-index yakni satu artikel telah disitasi oleh 10 penulis selain tu juga telah memiliki jumlah volume penerbitan per-tahun dan artikel yang yang dikutip per-tahun.

Dr.Agr. Hagus Tarno, SP.,MP selaku editor dari jurnal agrivita yang telah ter indeks Scopus, menjadi pemateri terakhir yang menjelaskan tema “ Strategi meningkatkan Indeksasi Personal”,memaparkan perlunya strategi menyusun sebuah artikel menjadi lebih menarik sehingga mampu diikuti penulis lain,upaya lain untuk meningkatakan sitasi indeks adalah dengan menempatkan artikel- artikel pada lembaga sitasi besar seperti scopus,smigo,thompson reuters juga melibatkan penulis dari luar negeri untuk mempermudah artikel yang disusun hingga bisa di akses pembaca.

Selain itu juga dilakukan pendampingan bagi  para peserta yang telah memiliki artikel ilmiah oleh para pendamping yang mewakili bidang atau jurusan dilingkungan fakultas pertanian, Hery Toiba, SP.,MP.,Ph.D dari jurusan sosial ekonomi pertanian, Dr. Budi Waluyo, SP.,MP, dari Budidaya Pertanian, Dr. Akhmad Rizali, SP., M.Si. dari Hama Penyakit Tumbuhan dan Cahyo Prayogo, SP.,MP., Ph.D dari limu tanah.(zma)