Jurnal Agrivita Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya mengadakan  Forum Discussion Group (FGD) dengan tema “ How To Increase Author’s Publication Citation “ , pada hari hari sabtu (21/10) bertempat di Ruang Sidang Lantai 2 FPUB. Acara ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir Nuhfil Hanani AR, Ms dan dihadiri oleh dosen – dosen dan staff jurnal di lingkungan FP, menghadirkan pembicara Prof. Seca Gandaseca, Ph.D, dari Universiti Putra Malaysia (UPM).

Dalam sambutannya Dekan FP mengatakan bahwa dengan adanya acara ini selain diharapkan mampu meningkatkan sitasi publikasi penulis dan kontribusi penulis dalam UB , khususnya di fakultas pertanian. Selain itu agar ada kolaborasi penulis artikel di FP dengan Universiti Putra malaysia (UPM), dalam hal lain juga mampu meningkatkan Q-Rank jurnal Agrivita

“Dua Jurnal di fakultas saat ini masih dalam pengajuan jurnal internasional ,saya berharap dosen – dosen sudah mempunyai publikasi di jurna internasional yang bereputasi terindeks Scopus, apalagi mampu punya sitasi tinggi,karena dengan begitu ilmu dapat terbagi, membagi ilmu itu tidak akan berkurang, pahala akan terus mengalir jika kita membagi ilmu “ ujar dekan.

Pada penyampaian materi  Prof. Seca Gandaseca, Ph.D, menjelaskan bahwa pada saat ini bukan hanya jumlah publikasi saja yang menjadi acuan dalam peningkatan karir dosen tapi yang terpenting adalah jumlah sitasi dalam setiap penerbitan jurnal itu sendiri. Adapun tujuan artikel ilmiah adalah bagaimana berkomunikasi dengan pembaca dalam hal bidang ilmu pengetahuan khusus,tata cara dalam melakukan prosedur teknis penelitian,serta mengkomunikasikan bagaimana memudahkan dalam evaluasi dan kemajuan teknis dalam penelitian.

“Menulis itu tidak mudah, perlu untuk bekerja keras dalam melakukannya,juga harus menghargai pekerjaan anda sendiri dan harus berhati-hati. Tidak ada resep rahasia untuk sukses, hanya beberapa aturan sederhana,yaitu dedikasi dan kerja keras,selain itu juga perlu di ketahui editor dan pengulas semua adalah ilmuwan yang sibuk, sama seperti anda,jadi dalam menulis itu buat segalanya mudah untuk menghemat waktu mereka “ Ujar Seca. [zma]