Dalam rangka peningkatan ranking akreditasi Sinta dan indeksing Directory of Open AccessJournals (DOAJ) bagi Jurnal di lingkungan Fakultas Pertanian UB. Badan Pegembangan Jurnal (BPJ) Fakultas Pertanian melakukan pendampingan bagi pengelola jurnal melalui pengenalan instrumen baru serta revisi kebijakan.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengelola jurnal dilingkungan FP UB yang berjumlah 10 jurnal dari 4 Departemen yang ada, yaitu Agrivita, Journal of Degraded and Mining Lands Management (JDMLM), Habitat , Journal of Tropical Plant Protection (JTPP), Agricultural Socio-Economics Journal  (Agrise) , Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA),  Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan (JTSL), Plant Tropica,  Jurnal Produksi Tanaman (Protan) dan Jurnal Hama dan Penyakit Tumbuhan Tropika (JHPT)

Prof. Kuswanto dalam penyampaian materi saat workshop.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Prof. Moch. Dawam Maghfoer sebagai Ketua Badan Pengembangan Jurnal (BPJ) FP UB,  hadir sebagai pemateri Prof. Kuswanto, KetuaUmum Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia (HEBII) dan Yoris AdiMareta, M.Pd dari Relawan Jurnal Indonesia (RJI). RJI sendiri merupakan organisasi nirlaba yang memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga untuk pengembangan publikasi ilmiah di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya.​

Dalam pemaparannya yoris menyampaikan bahwa banyak sekali pengelola jurnal yang mengalami ketidakpahaman tentang proses bagaimana mempercepat indeksisasi DOAJ. Padahal secara teknis hal tersebut sangatlah mudah untuk dipahami,  hanya mungkin kendalanya belum maksimalnya pengeloaan jurnal karena selama ini banyak jurnal yang tidak diperhatikan oleh institusi.(zma)