Mengirimkan dua tim yaitu Tim EGI (Electric GreenInnovation) serta Tim HoBP (Hydrogel of Banana Peel) pada ajang International Student Affairs Invention,Innovation & Design Competition (I-SAIID) 2019 yang berlangsung (25/03 – 27/03/2019) di Universiti Teknologi Mara (UiTM) Kedah Branch, Malaysia. Tim FP berhasil meraih Silver Medal dalam kategori Invention oleh Tim EGI danBronze Medal diraih Tim HoBP dalam kategori Innovation.

TimEGI (Electric Green Innovation) yang terdiri dari Aditya Permana Putra(HPT-2017), Aditya Aji Novtari (BP- 2018), Arvi Wahyu Lestari (BP- 2018), BitaPitaloka (Tanah-2018) dan Alwan Afif Fadhillah (Sosek – 2017) , yang dibimbingoleh Ibu Restu Rizkyta Kusuma, S.P., M.P., M.Sc membawa karya menjadikankiambang (Salviniamolesta M.) menjadi energi listrik ramah lingkungan berbasiskonservasi kawasan perairan Danau Ranu Pani Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro,Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Bagian dari kiambang yang dimanfaatkan berupa klorofil karena dapat mengkonversikan energi matahari menjadi energi listrik. Penambahan Cyanobacteria hasil eksplorasi di Danau Ranu Pani dalam komponen DSSC berpotensi menambah daya keluaran listrik karena bakteri ini mampu berfotosintesis serta mengandung klorofil a dan pigmen warna lainnya yang berpotensi dijadikan dye, dan toleran terhadap sinar UV. Selain itu, bakteri ini mampu mengkonversikan foton yang lebih tinggi secara efisien. Pengembangan DSSC dipilih karena merupakan sel surya dengan pemanfaatan bahan organik yang mudah ditemukan, harga relatif terjangkau, dan memiliki kestabilan kimia yang konstan.

Sedangkan Tim HoBP (Hydrogel of Banana Peel) yang yang dibimbing oleh Bapak Afifuddin Latif Adiredjo, S.P., M.Sc., Ph.D., terdiri dari Aditya Aji Novtara (BP- 2018), Ayu Azmidar (Sosek – 2017), Pramesti Rizma Dita S.(Sosek – 2017), Alwan Afif Fadhillah(Sosek – 2017) dan Aditya Permana Putra (HPT-2017) membawa karya kulit pisang sebagai media dasar dalam hidrogel.

Hidrogel adalah cara penanaman tanpa menggunakan media tanah. Bahandasar gel yang sering digunakan berasal dari rumput laut (Eucheuma cottonii).Kesulitan menemukan pabrik ini menyebabkan keterlambatan dalam prosespembuatan. Ketersediaan bahan dasar tepung dari tanaman lain yang berpotensidiproses adalah kulit pisang. Pisang adalah salah satu komoditas pertanianpotensial di Indonesia, termasuk di Malang

Rata-rata pertumbuhan produksi pisang di Indonesia adalah 4,92% dengan total kontribusi Jawa Timur sebesar 21,87% pada 2011-2015. Malang menyumbang produksi 42,35% (690.136 ton). Kulit pisang termasuk sejumlah besar limbah dengan 1/3 bagian dari buah yang belum dikupas. Dalam kulit pisang terkandung senyawa pati (karbohidrat kompleks) dengan sifat biodegrable menjadi media tanam hidrogel.

International Student Affairs Invention, Innovation  & Design Competition (I-SAIID) merupakan kompetisi tingkat internasional yang bertujuan untuk menampung penemuan-penemuan hebat bagi inovator lokal dan internasional yang akan membawa manfaat bagi kesejahteraan dan pengembangan siswa. Peserta kegiatan secara keseluruhan berjumlah 175 tim dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam.(zma)