YSE 1Tiga mahasiswa S1 Fakultas Pertanian angkatan 2011 berhasil terpilih menjadi delegasi dari Indonesia yang mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi bergensi dunia yaitu Singapore International Foundation (SIF) Young Sosial Entrepreneurs (YSE) Programme 2015 selama lima hari (18-22/3) di The Atrium Orchad, International Involvement, Singapura, setelah melalui proses seleksi pada November hingga Desember tahun lalu dengan mengirimkan form pendaftaran tim, abstrak bisnis plan dan video rencana bisnis.

SIFYSE Programme 2015 adalah salah satu program dari Singapore International Foundation yang bertujuan untuk menginspirasi, membekali, mengumpulkan pemuda dari berbagai negara untuk memulai bisnis sosial di Singapura dan luar Singapura. Program ini membuat jaringan pengusaha sosial, gagasan, pengetahuan dan sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kehidupan dan efek perubahan positif untuk dunia yang lebih baik.

Program YSE dilaksanakan dalam bentuk workshop, dimana kali pertama diadakan pada tahun 2010 dan dilaksanakan setiap tahun hingga sekarang.

“Pada workshop ini selama tiga hari kami mendapatkan serangkaian pelatihan, dialog klinik bisnis, pengembangan jaringan, dan kunjungan yang melibatkan para pemimpin sektor korporasi dan sosial, praktisi dan pembuat kebijakan untuk memperbaiki ide-ide dan bisnis plan sebelum presentasi. Pada hari keempat diadakan presentasi rencana bisnis bersama para delegasi dari berbagai negara seperti Kanada, China, India, Malaysia, Mongolia, Singapura, Thailand, Belanda dan Vietnam. Pada akhir workshop dipilih 12 sampai 16 tim yang akan melaksanakan kunjungan studi dan program mentoring oleh Mckinsey & Company pada bulan April sampai Oktober 2015. Akhir dari Program YSE adalah didapatkan empat tim yang akan mendapatkan bantuan pendanaan untuk pelaksanaan program rencana bisnis dengan total nominal S$ 40,000.” jelas Ahmad Adhi Jatmiko (FP Agribisnis 2011) selaku ketua tim.

YSE 3Dari Fakultas Pertanian, Alif Haidir Adana dan Agung Dwi Prasetyo (FP Agribisnis 2011) melengkapi tim. Melalui program YSE, peserta belajar dan berinteraksi dengan pengusaha sosial terkemuka, profesional bisnis dan pemuda lain yang tertarik pada inovasi sosial, memperluas jaringan mereka untuk kolaborasi dan kemitraan secara berkelanjutan. Program ini sangat bermanfaat bagi generasi muda khususnya mahasiswa untuk belajar dan meningkatkan prestasi, diharapkan dapat membawa nama baik bangsa dan Negara Indonesia. Selain itu program ini menjadi ajang promosi serta motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus peduli kepada lingkungan sekitar dan selaras untuk mendukung Universitas Brawijaya menjadi World Class Entrepreneurial University.

Dalam rangka pelaksanaan Young Social Entrepreneurs (YSE) Programme 2015, Singapore International Foundation (SIF) melakukan beberapa tahap proses seleksi hingga tim mendapatkan investor untuk projek yang dimiliki. Proses seleksi mencakup identitas diri, penilaian bisnis plan yang diajukan, mencakup lamanya projek berjalan, dampak sosial masyarakat dari projek, keberlanjutan projek dan inovasi projek. Negara yang berpartisipasi dan memperebutkan delegasi terbaik dan Business Pitching Idea mencakup Canada, India, Belanda, China, Indonesia, Vietnam, Thailand, Singapura, Mongolia dan Malaysia.

YSE 3Tim ini akhirnya masuk dalam 16 besar dimana enam tim berasal dari Indonesia, dan dua diantaranya adalah tim delegasi dari Universitas Brawijaya (UB), untuk selanjutnya mendapatkan pelatihan dan study visit ke India dan Malaysia. Kemudian melakukan presentasi tahap akhir di Singapore pada bulan Oktober 2015 untuk dipilih menjadi 5 besar yang nantinya akan mendapatkan pendanaan dari investor untuk mengaplikasikan program social entreprenuer. [timYSE/waw]