Berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Kehutanan (HMKT) Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, tim Pengabdian Masyarakat diketuai oleh Dr. Ir. Budi Prasetya, MP dengan dosen Kehutanan M. Asyief Khasan Budiman, S.Hut, M.Si mengadakan kegiatan Taman Rimbawan Cilik.

Taman rimbawan cilik merupakan suatu inisiasi pendidikan non formal yang berfokus pada pendidikan pemeliharaan alam atau konservasi untuk anak-anak yang dikemas dengan ceria dan menyenangkan untuk anak anak sekolah dasar yang berada disekitar hutan.

Tema yang diusung pada konsep Taman Rimbawan Cilik kali ini yaitu perubahan iklim, dimana nantinya anak-anak sekolah dasar diberikan materi mitigasi mulai dari pengelolaan sampah, penanaman pohon sampai inventarisasi keanekaragaman hayati dan materi adaptasi mulai dari pengenalan upaya ketahanan pangan, krisis air bersih dan upaya menanggulanginya dan pembuatan lubang biopori, yang tentunya materi pelajarannya akan dikemas sesuai dengan usia siswa sekolah dasar.

kegiatan pembelajaran oleh tim Dosen FP

Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ngenep 4 Tumpang Rejo, Ngenep, Kec. Karang Ploso, Kabupaten Malang, adapun Pembukaan kegitan Taman Rimbawan Cilik dilakukan hari Sabtu, (22/10/ 2022) dihadiri langsung oleh Bapak M. Asyief Khasan Budiman, S.Hut, M.Si selaku pembina Taman Rimbawan Cilik dan Bapak Winoto S.Pd selaku kepala sekolah SDN  Ngenep 4.

Sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai diawali terlebih dahulu pengantar oleh ketua pelaksana pengabdian masyarakat  Dr. Ir. Budi Prasetya, MP. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar oleh Tim Taman Rimbawan Cilik baik dosen, panitia ataupun volunteer. Diakhir acara, ditutup dengan penanaman bibit alpukat di sekitar halaman sekolah, sebagai bentuk pembelajaran interaktif sekaligus memupuk rasa kepedulian terhadap lingkungan.(zma)