TOP 1The Ohio International Agricultural and Horticultural Internship Program atau The Ohio Program (TOP) merupakan program internasional di bidang pertanian yang disponsori oleh The Ohio State University (OSU) dan melibatkan mahasiswa dari seluruh penjuru dunia untuk mengikuti program magang dalam kurun waktu 6 hingga 12 bulan di berbagai perusahaan yang ada di Amerika Serikat. TOP bekerjasama dengan 200 lebih perusahaan diseluruh penjuru Amerika sebagai tuan rumah untuk mahasiswa. Keberadaan TOP hingga saat ini sudah lebih dari 35 tahun dan telah mambantu 10 ribu individual dari 90 negara mendapatkan pelatihan praktis dalam karir pilihan mahasiswa.” ungkap Internship Program Coordinator TOP dari The Ohio State University, Grzegorz Lecki.

Mulai 1979 The Ohio Program membantu mahasiswa internasional dalam bidang pertanian dan hortikultura dimana setiap tahun menampung 400 mahasiswa dari seluruh dunia. Internship yang ditawarkan mulai greenhouse, animal husbandry, turfgrass, crop farming, nursery hingga floristry. Sebelum memilih TOP sebagai program yang diinginkan, mahasiswa sebaiknya mempertimbangkan jauhnya jarak dengan keluarga, kemampuan menjadi individu yang independen, bertemu orang baru, rekan dari berbagai latar belakang negara, kerja keras yang seringkali berulang-ulang, fokus pada internship bukan penelitian, serta dedikasi dan prioritas penuh, tambah pria kebangsaan Polandia ini.

The Ohio Program Goes To Campus yang diadakan pada Selasa (10/5/2016) di Gedung Baru Fakultas Pertanian UB lantai 5 merupakan hasil kerja keras para alumni dari TOP menghadirkan para narasumber untuk berbagi informasi kepada calon peserta.

top 2Disaat bersamaan pemilik Monterey Bay Nursery yang bertempat di California, Luen Miller turut menceritakan bagaimana budaya kerja di Amerika dalam bidang nurseri. Membuat tanahaman atau tumbuhan untuk tumbuh bisa dibilang relatif mudah, tapi untuk bisa menjualnya dan secara konsisten terpilih oleh retailer merupakan tantangan tersendiri. Kerjasama dalam tim juga sangat dibutuhkan dalam program internship ini, exposure yang dihadapi dalam keseharian akan mempengaruhi keputusan-keputusan anda, karena ini adalah dunia kerja sesungguhnya. Anda dituntut bersaing dengan pekerja yang memiliki permasalahan sendiri-sendiri, dengan latar belakang serta budaya yang berbeda dengan anda. Semua penilaian dilihat dari bagaimana diri anda bekerja.

Dr.Ir. Sitawati, MS selaku perwakilan dari Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya mendampingi Grzegorz dan Luen usai kegiatan sekaligus mengunjungi dua tempat yang berada di area kota Batu, yaitu CV Bunga Melati dan AgroDuta Nusantara.

The Ohio Program memiliki tujuan supaya mahasiswa yang berasal dari berbagai negara dapat mempelajari aspek-aspek budaya dan teknologi pertanian yang diaplikasikan di Amerika Serikat, serta mengaplikasikan etos kerja yang baik dan disiplin dilingkungan yang profesional dengan harapan ilmu yang didapat semakin bermanfaat untuk perkembangan bidang pertanian di negara asal. Tentunya saat berada di Amerika, mahasiswa selain mempelajari budaya juga memperdalam belajar berbahasa inggris.

Dalam beberapa tahun, partisipan TOP dari Indonesia mengalalami peningkatan. Mahasiswa terbaik dari fakultas Pertanian yang berasal dari berbagai universitas seperti IPB, UB, UGM dan Satya Wacana dikirim untuk mengikuti internship di berbagai perusahaan. Alumni TOP di Indonesia memiliki paguyuban atau forum yang bertujuan untuk menjalin komunikasi, berbagi informasi satu dengan lainnya dan kerjasama yang baik dengan The Ohio Program. Mereka menamakan diri Asosiasi TOP Agro Indonesia (TOP Agrindo). [waw]