Program 3 in 1 adalah salah satu program unggulan Universitas Brawijaya yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas baik kapasitas dan kompetensi lulusan. Kegiatan ini juga merupakan program hibah untuk menyelenggarakan Proses Belajar Mengajar (PBM) dengan menggunakan tiga sumber belajar, sumber belajar pertama berasal luar negeri, yaitu dosen atau profesional yang memiliki reputasi internasional dibidangnya, yang kedua kedua adalah pelaku usaha, yaitu pengusaha yang memiliki reputasi dan keunggulan dalam usahanya dan yang ketiga adalah dosen dari Universitas Brawijaya.

Kali ini Jurusan Sosial Ekonomi  melakukan Program 3 in1 Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Agribisnis, dengan menghadirkan  Prof. Peter J Batt berasal dari Perth Australia, beliau ahli dalam bidang Food and Agribisnis Marketing dan mendapatkan gelar guru besar dari Curtin University, Australia. Selain merupakan ketua pada lembaga konsultasn “Peter J.Batt and Associates” beberapa klien dari Lembaga konsultan Peter J Batt adalah Food and Agriculture Organizations (FAO), Bank Dunia, Technical CentreforAgricultural and Rural Cooperation, the Australian Centre for InternationalAgricultural Research (ACIAR) dan the Australian Export Grain Innovation Centre (AEGIC). Sumber belajar kedua adalah Akhmad Sya’banNasution, ST, seorang pengusaha muda asal Kota Malang yang merupakan CEO dari Ailani Food dan co-Founder Jagoan Indonesia.

Beberapa kegiatan dalam program 3in1 MPA, yaitu kuliah umum bersama Prof Peter, Akhmad Sya’ban Nasution dan Kepala Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur, Ir. Hadi Sulistyo, Msi., dengan topik Urban Food Sistem yang dihadiri mahasiswa pascasarjana baik S2 maupun S3. Selain kuliah umum, perkuliahan untuk mahasiswa Program Studi Agribisnis kelas Internasional juga dilaksanakan sebanyak 6 Kali tatap muka

Ada juga kegiatan Field Trip dengan beberapa dosen Jurusan Sosek Pertanian dan mahasiswa program kelas Internasional, lokasi fieldtrip diantaranya pusat kegiatan Agribisnis, yaitu keBumDes di wilayah Pujon yaitu Kafe Sawah di Pujon Kidul danJon n’ Rol Cafe di PujonLor serta mengikuti rangkaian  acara Festival Hari Tani Nasional di Dusun Delik Desa Madiredo juga mengunjungi pelaku usaha Agribisnis di Desa Madiredo, Pujon.

Dalam kesempatan lain prof. Peter  juga meluangkan waktu mengunjungi Kampung Glintung Go Green (3G) untuk melihat secara langsung salah satu inovasi yang dilakukan oleh Alumni Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya yaitu Ir. Bambang Irianto selaku inovator di balik hadirnya kampung 3G. Melalui kunjungan ini, Prof. Peter mendapatkan informasi secara langsung dari Bambang Irianto selaku penerima penghargaan tertinggi dari Presiden RI berupa Kalpataru kategori pembina lingkungan. mengenai apa yang telah diakukan Pak Bambang dalam merubah kampung glintung menjadi kampung yang lebih maju.

Bayu adi Kusuma , S.P., MBA. Sebagai ketua pelaksana program berharap melalui program 3 in1 MPA ini mahasiswa di Fakultas pertanian memiliki wawasan yang luas dan memiliki keterampilan yang cukup untuk bersaing di dunia bisnis dan kerja. Khususnya mahasiswa program studi agribisnis semakin maju dan berkualitas serta memiliki kapasitas dan kompetensi yang mumpuni dibidangnya.

“ Yaah pada akhirnya, mahasiswa fakultas pertanian menjadi lulusan yang siap bersaing di dunia bisnis maupun di dunia kerja di level Nasional maupun Internasional. Selain itu, semoga kehadiran Prof. Peter selaku konsultan di FAO dan Bank Dunia di Kota Malang memberikan pengaruh positif untuk pembangunan Kota Malang “ ujar bayu. [BAK/ZMA]