Prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) seakan tiada habisnya, salah satunya adalah mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi angkatan 2011 Fakultas Pertanian UB Agung Wicaksono yang mendapat penghargaan berupa Gold Medal pada 4th Korea Cyber International Genius Inventor Fair (CIGIF) 2013 pada Sabtu (23/11) lalu di Seoul, Korea untuk penemuan Bio-MikSe.

“Awalnya seleksi nasional dari 20 September hingga 23 November, kemudian diambil tujuh delegasi dari Indonesia untuk presentasi ke Korea. Disini saya bersama mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Ulfah Purwaningsih mengambil tema Bio-MikSe pemanfaatan mikroalga dan bongol pisang sebagai pengganti bahan bakar minyak.” ucap mahasiswa asal Banyuwangi ini.

Krisis yang kita hadapi sekarang selain energi juga krisis pangan, kami ingin memberikan satu pilihan solusi kepada dunia mengenai berbagai potensi yang melimpah di Indonesia terutama tanaman pisang yang tumbuh diberbagai wilayah. Juga potensi di laut Indonesia dengan manfaatkan mikroalga sebagai tambahan bahan bakar. Selama ini bioetanol berasal dari singkong dan kelapa sawit dimana dampaknya mengganggu ketahanan pangan, dengan adanya alternatif lain kami mengusulkan dua material tersebut.

Kategori yang tersedia mulai dari Ekonomi, Pangan, Kesehatan serta Science dan Teknologi. Agung dan Ulfah mengangkat kategori Science dan Teknologi.

Reward yang diberikan oleh CIGIF 2013 ada empat, dalam bentuk sertifikat, medali emas, pendanaan sekaligus hak paten internasional untuk karya kami. Penelitian Bio-MikSe sebelumnya telah diteliti di ITB untuk membuat alat beserta kesediaan bahan baku.

“Pihak CIGIF menginginkan kami terus mengembangkan penelitian ini” ujar Agung yang juga mengaku tidak menemukan kesulitan dalam mengatur waktunya antara kuliah dan penelitian.

Ternyata sebelumnya Agung juga pernah meraih The Best Presentation Award di acara 7th International Conference on Advance Sciences and Technology (ICAST) 2012 (29-30/10) di University of Seoul, Korea Selatan.

Pembantu Dekan III FPUB dan sekaligus Project Counselor National Training and International Selection Process of the 4th Korea Cyber International Genius Inventor Fair (CIGIF) 2013 Dr. Ir. Budi Prasetya, MP. mengatakan bahwa masih banyak yang perlu diperbaiki dalam hal expose terhadap kegiatan-kegiatan internasional yang melibatkan mahasiswa. Bagaimanapun juga ini perlu disebarluaskan sehingga diketahui masyarakat luas. [waw]