DSC09781Seiring dengan kebutuhan masyarakat akan ketersediaan sumber daya alam diantaranya minyak tanah yang semakin banyak, hal ini membuat pemerintah untuk membuat alternatif lain yaitu pengalihan penggunaan minyak tanah menjadi Gas LPG. Akan tetapi hal ini belum menyelesaikan permasalahan, penggunaan LPG yang juga semakin meningkat dikalangan masyarakat mengakibatkan kelangkaan dan naiknya harga LPG, karena seperti yang kita tahu gas alam merupakan sumber daya yang tidak dapat diperharui. Hal ini membuat masyarakat memiliki alternatif sendiri dalam mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan biogas kotoran sapi. Penggunaan biogas ini dikarenakan banyaknya ternak dikalangan masyarakat baik masyarakat pedesaan maupun ternak sapi potong, yang kotorannya tentu tidak digunakan dengan maksimal yakni hanya sebagai pupuk kompos.

Penggunaan biogas ini pun belum mengatasi permasalahan, karena biaya dalam pembuatannya yang relatif mahal. Sehingga penggunaan biogas hanya bisa dijangkau oleh masyarakat tertentu saja. Selain itu reaktor biogas yang biasanya memiliki ukuran yang relatif besar, sehingga penempatnya memebutuhkan lahan yang luas. Dari permasalahan ini maka kelompok PKM-KC ini membuat alat “PRE-Rebos” yang dibuat oleh kelompok yang diketuai oleh Desi Aulia (FP 2012), dan anggota antara lain Agus Tri yulianto (FPIK 2012), Evy Astutik (FISIP 2012), Aprilia Ayu Ningsih (FPIK 2012), Achmad Prayoga Hary Putra (Teknik 2013).

DSC09857 editPRE-Rebos ini memiliki cara kerja seperti rektor biogas pada umumnya, dimana kotoran sapi dubah menjadi gas yang nantinya dapat digunakan untuk memasak. PRE-Rebos memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan reaktor biogas pada umumnya. Kelebihan ini antara lain ukuran yang relatif kecil, dan potabel serta alat ini dapat melakukan fermentasi dengan cepat hanya 7 hari Jadi reaktor ini dapat dipindah ketempat-tempat lain yang di inginkan yang tidak harus pada area yang luas. Selain itu, PRE-Rebos juga memiliki harga ekonomis untuk kebutuhan rumah tangga yaitu sekitar 2 juta, sedangkat harga secara umum yaitu sekitar 5-20 juta. PRE-Rebos hadir memberikan solusi kelangkaan bahan bakar rumah tangga. [desy/waw]