PKK pasca 1Pascasarjana Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK-MABA) pada Senin (05/09/2016) di Gedung Baru lantai 5 FP UB.

Ketua Program Pembinaan Mahasiswa Baru, Dr. Cahyo Prayogo, SP.,MP. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun akademik 2016/2017 Pascasarjana menerima 117 mahasiswa baru, kedua terbanyak setelah MIPA. “S2 Agribisnis 11 orang, Ilmu Tanaman sebanyak 32 orang, Ekonomi Pertanian 18, Pengelolaan Tanah dan Air sejumlah 8 orang, Sosiologi 7 orang, serta S3 Ilmu Pertanian sebesar 43 orang. Kenaikan yang cukup signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya, sebanyak 80 persen” lengkap Cahyo.

PKK pasca 2Dalam pembukaannya, Prof.Dr.Ir. Nuhfil Hanani Ar. , MS. selaku Dekan Fakultas Pertanian UB menyambut mahasiswa baru Pascasarjana. “Yang membedakan dibandingkan S1, adalah fleksibilitas jadwal kuliah untuk S2 dan S3, poin kemandirian akan lebih besar. Akan lebih banyak tugas dibanding kuliahnya. Harapan kami bagi yang S2 dapat lulus kurang dari dua tahun dan bagi S3 kurang dari tiga tahun.”

Materi yang disampaikan pada PKK-MABA Pascasarjana diantara lain Peraturan Akademik FP UB oleh Prof. Dr. Ir. Kuswanto, MS, Visi, Misi Peraturan Akademik PPs FP UB oleh Prof. Dr. Ir. Soemarno, MS, Kendala dan Solusi Penulisan Jurnal bagi Mahasiswa Pascasarjana oleh Prof. Ir. Wani Hadi Utomo, Ph.d serta Prof. Dr. Ir. Dawam Maghfoer, SU. Kemudian materi pelengkap untuk S3 adalah Kurikulum Program Doktor oleh Prof. Dr. Ir. Husni Thamrin S, MS dan Prof. Dr. Ir. Keppi Sukesi, MS. Berikutnya bagi S2 adalah materi Kurikulum Program Magister yang disampaikan oleh Dr. Ir. Suhartini, MP, Prof. Dr. Ir. Eko Widaryanto, MS, Dr. Ir. Budi Praseya, MS, Dr. Ir. Yayuk Yulianti, MS, dan Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin, MS. [waw]