Selama ini lapisan masyarakat desa yang banyak mendapat perhatian dalam pengabdian masyarakat, tapi kali ini dosen Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Karuniawan Puji Wicaksono, SP, MP. PhD dan Dr.Ir. Setyono Yudo Tyasmoro,MS.  lebih memperhatikan pesantren dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat.

Pondok pesantern Darul Karomah di Singosari Kabupaten Malang, melalui program penyuluhan pembuatan sari buah berkulitas diharapkan mampu menjadikan pesantren bisa mempunyai santri mandiri tak hanya sekedar ilmu agama tapi juag ilmu wirausaha.

Menurut Sonni panggilan akrab Karuniawan Puji bahwa tujuan dari kegiatan ini meningkatkan kemampuan santri dalam menghasilkan produk minuman sari buah berkualitas seragam, pencatatan aliran kas masuk dan keluar dan desain kemasan yang sudah dilengkapi dengan atribut informasi produk sesuai dengan SOP yang telah disusun.

Sementara itu Dr Ir Setyono Yudo Tyasmoro MS berupaya untuk meningkatkan kemampuan santri dan masyarakat  sekitar pondok dalam pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya tanaman pangan, buah, sayuran dan tanaman obat keluarga (TOGA) di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Al Makmur, Kecamatan Puri,  Kabupaten Mojokerto.

“Adapun tak hanya memberi penyuluhan saja, saat pengabdian berlangsung secara kita juga memberikan bantuan peralatan sertabenih, tapi yang tak kalah penting adalah bagaimana kita juga mampu terus membimbing hingga tujuan tercapai ” ujar yudo. (zma)