Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya menambah daftar kerjasama dengan perguruan tinggi dalam rangka program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Terkini adalah Fakultas Pertanian UPN Veteran Jawa Timur.

Penandatanganan naskah kesepahaman dilakukan di ruang Balai Senat lt.6 Gedung Sentral  FP UB, Jum’at (30/9/2022) oleh masing-masing dekan, yaitu Dr. Ir Damanhuri, M.S. (FP UB) dan Dr.Ir. RA Nora Agustien K, MP. (UPN Jatim).

Selain penandatangan kerjasama juga dilaksanakan bechmarking tentang pelaksanaan program MBKM khususnya untuk Program Studi Agribisnis.

Dr. Agustina Shinta saat menyampaikan materi

Ketua Prodi. Agribisnis FP UB Dr. Agustina Shinta dalam pemaparannya menyampaikan bahwa Program Bantuan Kerja Sama Kurikulum MBKM pada tahun 2020  menjadi Program Bantuan Center of Excellence(CoE) MBKM, dan menjadikan Prodi Agribisnis, FP UB sebagai CoE program MBKM di Indonesia.

Selain itu proses penyusunan kurikulum Prodi yang berorientasi MBKM tidak ubahnya seperti kurikulum umumnya. Pada penyusunan kurikulum, ada tiga hal yang mesti diketahui, pertama kurikulum pasti ada kaidahnya, ada konsep teori, soal tata cara prosedur yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan konten kurikulum yang khas sesuai dengan prodi masing-masing

“Kita tetap pada acuan kebijakan Kementerian, KKNI, visimisi, dan lainnya. MBKM memberi kesempatan pada dosen dan mahasiswa lebih fleksibel dengan metode pembelajaran di dalam atau di luar kampus. MBKM juga menyiapkan mahasiswa untuk berpikir kritis menghadapi dunia luar “ ujar shinta. (zma)