milky fit 2Susu merupakan salah satu jenis minuman yang kaya zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk tumbuh dan berkembang. Bahkan, para ahli gizi sangat menganjurkan untuk meminumnya karena memiliki banyak manfaat, terutama untuk membantu perkembangan sel dan tulang-tulang, serta dapat meminimalisasi dampak dari keracunanan logam berat yang secara sengaja maupun tidak sengaja masuk ke dalam tubuh manusia. Tak heran jika dari tahun ke tahun permintaan terhadap susu terus meningkat. Akan tetapi akhir-akhir ini mulai timbul beberapa permasalahan dari mengkonsumsi susu sapi murni, seperti keracunan serta umur simpan susu tidak dapat bertahan lama. Hal tersebut diakibatkan oleh adanya kontaminasi bakteri seperti bakteri patogen (penyebab penyakit) dan bakteri pembusuk yang mencemari susu. Adanya bakteri tersebut karena pengolahan yang kurang baik dan kurang memperhatikan kebersihan. milky fit 1Oleh karena itu, berawal dari ide yang dicetuskan oleh Ahmad Muhidin (Selaku ketua tim) dari Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dan 4 orang rekannya yaitu Verayunita Febriani (FP), Sulthon Nurur Rizki (FKH), M. Arief Biamrillah (FP), dan Fajrin Anwar Hidayat (FPt), dibawah bimbingan Dr.agr. Nunun Barunawati, SP., MP., menggagas sebuah alat untuk pemrosesan susu terutama untuk menghilangkan bakteri. Alat yang diberi nama “Milky Fit” memanfaatkan teknologi nanofiltrasi dari limbah ampas tebu, sehingga lebih ramah lingkungan.

milky fit 3Pelaksanaan Pembuatan Milky Fit telah mendapatkan bantuan dana dari DIKTI dalam program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta tahun 2015. Selain itu, beberapa penghargaan dari ide ini juga telah didapatkan, diantaranya yaitu First Winner dalam LKTI Nasional Innovation Animal Science Competition di Univeritas Brawijaya dan Second Winner dalam Inovasi Teknologi Tetap Guna Di Era Modern Tingkat Nasional di Institut Teknologi Sepulun Nopember (ITS) Surabaya.

Harapan tim dan juga dosen  pembimbing, semoga inovasi ini dapat diaplikasikan langsung kepada masyarakat dan dapat berguna bagi masyarakat terutama masyarakat peternak sapi perah skala menengah ke bawah, sehingga susu yang dihasilkan lebih berkualitas dan dapat meningkatkan pendapatan mereka. [ahmad/waw]