Dalam rangka peningkatan mutu kualitas bertaraf internasional, salah satunya menuju daya saing Asean , yaitu dengan sertifikasi Asean University Network  Quality Assurance (AUN-QA). Fakultas Pertanian mengadakan simulasi visitasi serifikasi AUN QA bagi 2 program studi yaitu Program Studi Agribisnis dan Program Studi Agroekoteknologi, Acara yang berlangsung selama  2 (dua) hari , senin dan selasa (16-17/10) yang bertampat di Ruang Sidang Lantai 2 FPUB.

Acara ini menghadirkan Assesor Eksternal, Prof. Dr. Satria Bijaksana dari Institut Teknologi Bandung (ITB), dalam pelaksanaannya assesor mendiskusikan mengenai data baik SAR AGB dan AGT juga melakukan pertanyaan dan sharing juga diskusi dengan tim Pimpinan fakultas, Tim task force , Dosen, Tenaga Kependikan , Mahasiswa , Alumni dan Stakeholder baik dari program Studi agribisnis dan agroekoteknologi.

Dalam penyampaiannya Prof Satria menyampaikan bahwa pentingnya pada saat visitasi nanti disampaikan positioning untuk masing – masing program studi pada fakultas juga alasan di bentuknya dan bagaimana kedua program studi  tersebut berkontribusi bagi permasalahan internasional salah satunya kerjasama atau mitra dalam lingkup internasional. Selain itu juga dalam sertifikasi AUN QA ini lebih mengutamakan kepada bagaimana program studi  mempunyai tujuan jangka panjang dan punya kontribusi.

“ Kejujuran adalah kebijakan yang baik, oleh karenanya dalam penyampaian kebijakan dan informasi – informasi strategik yang mendukung kualitas FP, jika menimbulkan pertanyaan dan kebingungan serta kerancuan tidak perlu dipaparkan, dalam menunjukkan kehebatan dan keunggulan pun tidak perlu terlalu detail “ ujar satria.[zma]