Dalam rangka program kerja Badan Pengelolaan Jurnal dan Buku (BPJB) Fakultas Pertanian, mengadakan acara “Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk  Publikasi Internasional bagi Lektor Kepala dan Guru Besar FPUB” . Acara yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari pada jum’at – sabtu (10 – 11/11) di Samara Hotel Batu, yang dibuka oleh Dekan Prof, Dr. Ir, Nuhfil Hanani Ar, Ms, didampingi oleh Ketua BPJB FP Prof. Dr. Ir. Dawam Maghfoer, MS, dan diikuti oleh peserta 30 orang dari dosen dilingkungan FP.

Dekan Prof Nuhfil hanani AR, MS dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya acara ini diharapakan para peserta bisa mengetahui dan mengatasi kendala – kendala dalam penulisan artikel untuk publikasi internasional dan nantinya mampu meningkatkan produkstifitas menulis, selain itu juga mengajak kepada para lektor kepala untuk segera menjadi guru besar, agar jumlah guru besar di FP bisa bertambah mengalahkan universitas negeri lainnya di Indonesia.

Pada Kesempatan acara ini juga hadir pemateri dari luar negeri yaitu dari Universiti Putra Malaysia, Assoc.Prof. Seca Gandaseca yang memaparkan materi “ Strategic Manuscript Writing for Publication “ dilanjutkan oleh Ketua Badan Ketahanan Jurnal Universitas Brawijaya yakni Prof Dr Ir, Kuswanto , MS, menjadi pemateri selanjutnya yang menjelaskan bagaimana ukuran parameter jurnal internasional yang bereputasi, kesesokan harinya dilanjutkan dengan pemateri terakhir oleh  Dr.Sc. Akhmad Sabaruddin , S.Si, M.Sc, dosen kimia di FMIPA ini memberi materi dengan tema “Strategi Menyiapkan dan Memperbaiki Naskah Hasi Reviewer”,

Selain itu juga dilakukan pendampingan bagi  para peserta yang telah memiliki artikel ilmiah oleh para pendamping yang mewakili bidang atau jurusan dilingkungan fakultas pertanian, Hery Toiba, SP.,MP.,Ph.D dari jurusan sosial ekonomi pertanian, Arifin Noor S, Ph.D, dari Budidaya Pertanian, Hagus Tarno, Ph.D dari Hama Penyakit Tumbuhan dan Cahyo Prayogo, SP.,MP., Ph.D dari limu tanah.(zma)