Dalam rangka kerjasama internasional, Fakultas Pertanian mendapat kunjungan dari Rajamangala University of Technology Lanna (RUTL) Thailand pada hari Rabu (02/08), diadakan pertemuan dan penandatanganan kerjasama bertempat di Ruang sidang II FPUB. Adapun tim dari RUTL Thailand ini berjumlah 9 orang di dipimpin oleh DR. Suraphon Chaiwongsar sebagai Dean’s Assistant of International Affair RUMTL, mereka di sambut oleh Dekan FP Prof.DR. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS , WD II Dr. Ir.  Damanhuri ,WD I Prof.Dr.Ir. Kuswanto, MS, turut hadir juga Ketua – ketua Jurusan, Ketua program studi dan Para pimpinan administrasi FPUB.

Dalam acara tatap muka baik dekan FPUB dan Ketua tim dari RUTML Thailand masing- masing memperkenalkan  semua jajaran yang hadir, dalam sambutannya  Dekan Prof. Dr. Ir Nuhfil hanani AR, MS menjelaskan bahwa “saat ini fakultas pertanian menjadi salah satu fakultas dengan peminat terbesar,juga dengan adanya kunjungan ini menjadi salah satu bagian pengembangan fakultas itu sendiri,terutama untuk persiapan pembukaan kelas internasional ataupun beasiswa antar intitusi” ujarnya. Sementara itu Ketua TIM RUTL Thailand DR. Suraphon Chaiwongsar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas sambutan dari FPUB, ia menjelaskan “bahwa akan menindaklanjuti kerjasama ini dengan adanya pertukaran mahasiswa,pertukaran dosen juga mungkin pelaksanaan magang, semua itu akan difasilitasi secara gratis dengan beasiswa, selain itu juga akan menjalin kerjasama untuk pengembangan penelitian”. Selanjutnya dalam acara tersebut juga dilakukan sesi sharing dan tanya jawab mengenai perkembangan masing-masing institusi setelah itu ditandatangi nota kerjasama antara Dekan FPUB dan Ketua Tim dari RUTL Thailand.

Keseokan harinya, kamis (03/08) dalam kaitan kunjungan tersebut diadakan kuliah tamu dengan tema “Sustainable Agriculture for Food Security” bertempat di gedung baru Lantai 5 FPUB, adapun pembicara dari RUTL Thailand DR. Supraphon Chaiwongsar, Assist.Prof. Dr. Pramoth Timkhum, Assoc. Prof. Dr. Seensiri Sangajit sedangkan dari FPUB Karuniawan Puji W, SP, MP, Ph.D dan  Rina Rachmawati, SP., MP.,M.Eng, masing masing menyampaikan paper nya dihadapan 130 peserta kuliah tamu baik dari mahasiswa strata satu ataupun magister. Para peserta sangat antusisus terbukti banyak nya pertanyaan yang di ajukan dalam acara kuliah tamu tersebut, acara pun di tutup dengan penyerahan cendra mata dilanjutkan dengan foto bersama. (zma)