11824184_1092101660818736_1963154678_nKembali pesta demokrasi pemilihan Ketua, Sekretaris Jurusan Sosial Ekonomi (Sosek) serta Wakil senat Fakultas Pertanian UB dilaksanakan pada Senin (3/8). Sekitar 60 karyawan Jurusan memperoleh hak yang sama untuk memilih calon pemimpin yang diidamkannya. Beberapa kandidatpun yang menyatakan kesediaan menjadi pemimpin di jurusan Sosek FPUB periode tahun 2015-2019, diantaranya – Calon Ketua Jurusan: Dr. Rini D. Astuti, Prof. Keppi Sukesi, Dr. Hendro Prasetyo, Dr. Abdul W. Muhaimin, dan Dr. Mangku Purnomo. Sedangkan Calon Sekretaris Jurusan: Dwi R. Andriani, MP dan Wisynu A. Gutama, MMA. Hajatan demokrasi lima tahunan ini dilaksanakan mulai pukul 10.00-12.00 WIB.

Dalam sambutan pembuka, Dekan Fakultas Pertanian UB, Prof. Nuhfil Hanani menuturkan sebuah hadist nasehat Nabi Muhammad SAW kepada pemimpin, yaitu pemimpin yang baik hendaknya ‘permudahkanlah urusan mereka, janganlah kalian persulit. Gembirakanlah mereka, janganlah kalian hardik (HR. Bukhari)’.

Berbagai pesan dan kesan-pun juga disampaikan oleh beberapa perwakilan Jurusan Sosek FPUB. Diantaranya Sujarwo, MP yang mengatakan “Semoga (Jurusan) Sosek memiliki pemimpin yang penuh solusi dan menentramkan”.

Hal senada juga disampaikan mantan Sekretaris Jurusan Sosek, Fitria Dina Riana, MP dengan harapan Jurusan mendapatkan pemimpin yang mampu membawa amanah serta kemajuan Sosek dimasa depan. Melalui visi ‘Menjadi jurusan unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan’, Sosek FPUB siap berkontribusi nyata melalui: penyelenggaraan proses pendidikan agar peserta didik menjadi manusia yang berkemampuan akademik, profesional, berdaya saing dan berkepribadian; penyelenggaraan dasar penelitian dan terapan bidang sosial ekonomi pertanian untuk review pengembangan keilmuan dan perumusan kebijakan; serta pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan di bidang sosial ekonomi pertanian.

Adapun hasil perolehan akhir dari panitia menunjukkan Ketua Jurusan Sosek FPUB terpilih akan dijabat oleh Dr, Mangku Purnomo; kemudian Wisynu A. Gutama, MMA sebagai Sekretaris Jurusan. (MAJ/waw)