Dengan latar belakang akan berkurangnya energi fosil dan yang diprediksi habis di tahun 2030, Putri Dewi Sartika ( Agroekoteknologi – 155040207111132) Jurusan Hama Dan Penyakit Tumbuhan FPUB.Memperkenal  Getric (Green Electric) diajang Bitgram International Exposition Of Power Electric (BIXPO) 2018, yang berlangsung (30/10 – 02/11/2018) di Gwangju, Korea Selatan.

Dibawah bimbingan  Afifuddin Latef Adijedjo SP, MSc., PhD (FP) dan Eka Maulana ST., MT., M.Eng. (FT),dengan  tema  Getric (Green Electric): Innovation of Development Solar Cell Based on DSSC from Centella asiatica Chlorophyll as Renewable Energy. Getric itu sendiri merupakan panel surya organik yg menggunakan piranti DSSC dengan menggunakan zat warna klorofil daun Pegagan, penggunaan daun pegagan karena memiliki potensi untuk menyerap poton matahari dan dimana ketersediaan dari bahan daun pegagan sangat banyak hingga bisa menjadi energi alternatif terbarukan.

Raihan Silver Medals pun diperoleh juga Spesial Award dari Iran, DIPLOMA dari Turki, menyingkirkan hampir 20 negara peserta baik dari Iran, Korea, Turki, dan beberapa negara dari kawasan Asean , Amerika dan Afrika. Termasuk  5 delegasi dari  indonesia dari Poleteknik Negeri jakarta, Undip dan PT Petrokimia.

BIXPO merupakan ajang terbesar yang mempertemukan penemu-penemu dunia dalam bidang Power Electric yang diadakan oleh KEPCO (Korea Electric Power Corporation). Tema dalam acara ini “The Present and Future Of Energy Transition dan Digital Transpormation“. Peserta dalam ajang diikuti oleh CEO of Electric dari dunia, manager serta mahasiswa dari belahan dunia.

“Awalnya karya itu sudah saya buat pada saat jadi maba dan ikut lomba,tapi saat itu  belum menjadi juara, ketika liat poster event BIXPO ini saya mencoba untuk submit, dan alhamdulillah lolos menjadi 5 delegasi Indonesia yg terpilih. Saya sama sekali tidak menyangka bisa  dapat meraih medali karena peserta yang ikut juga membawa temuan sangat besar dan sangat berkelas ” ujar putri. [zma]