Dalam acara sidang terbuka senat Universitas Brawijaya dalam rangka pengukuhan professor, yang berlangsung di Gedung Samantha Krida, Rabu (20/7/2022). Dr. Ir Abdul Wahib Muhaimin, MS resmi dikukuhkan sebagai profesor di bidang Ilmu Majemen Agribisnis. Ia merupakan profesor ke-30 dari Fakultas Pertanian dan profesor aktif ke-168 di UB.

Dr. Wahib Muhaimin saat menyampaikan orasi ilmiah

Pada acara pengukuhan Prof. Dr. Ir Abdul Wahib Muhaimin, MS mengangkat judul orasi ilmiah Mutu Keinginan dan Healthy Food Choice dalam Hubungannya dengan kepuasan dan Kesehatan Konsumen Makanan Milenial. Dalam orasinya ia menyampaikan pesatnya pertumbuhan makanan cepat saji di tengah masyarakat dan diikuti oleh dominasi generasi milenial yang mempunyai karakteritik keinginan makan berlebihan dan lepas  kontrol, telah menimbulkan dampak negatip yaitu semakin banyaknya serangan jantung, stroke dan diabetes pada mereka. Hal ini mengundang keprihatinannya untuk fokus pada pengembangan gagasan  ke depan tentang konsep Healthy Food Choice bagi Generasi Milenial.

Keunggulan model Healthy Food Choice adalah memperkuat hubungan antara faktor psikologi konsumen dan efisiensi input makanan dan output kesehatan konsumen jangka panjang, sehingga dapat meningkatkan kepuasan, kesahatan dan kesejahteraan konsumen makanan milenial secara berkelanjutan. Kelemahan model tersebut adalah kesulitan mengontrol keinginan konsumen generasi milenial yang berlebihan dan keterbatasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam mengawasi penyebaran makanan yang kurang memenuhi standart gizi di pasaran.

Disampaikannya, perilaku konsumen terhadap makanan milineal tidak hanya didasari oleh karakteristik konsumen dan lingkungannya, tetapi juga psikologis konsumen dan proses pengambilan keputusan yang didasarkan kesadaran akan keinginan dan kebutuhan, kepuasan sebelumnya yang pernah dibuat dan sudah menyesuaikan faktor usia dan kesehatan dari konsumen tersebut. Oleh karena itu, di era sekarang pemasar produk makanan menyediakan dengan aneka ragam pilihan dan menyesuaikan kebutuhan konsumen. (humas ub/zma)