Setelah melalui ujian terbuka disertasi dua dosen FP jurusan sosial ekonomi pertanian yang menempuh program doktor di PPs FP berhasil meraih gelar doktor,  Fitria Dina Riana, SP, MP. pada minat agribisnis dengan judul disertasi “ Model Konseptual Pengembangan Agrowisata Berkelanjutan di Malang Raya ” yang dilaksanakan selasa (26/02/2019).Dua hari sebelumnya hari jum’at (22/02/2019) Silvana Maulida, SP, MP. berhasil meraih gelar doktor setelah membawakan disertasi dengan judul “ Upaya Peningkatan Kinerja Sustainable Chain Management dengan Metode Integrasi Proses Bisnis “ .

Dr. Fitria Dina Riana, SP, MP.


Dr. Fitria Dina Riana, SP, MP.

Besarnya Ketertarikan wisatawan untuk datang ke Malang Raya disebabkan begitu banyaknya lokasi wisata, tercatatada106 lokasi diantaranya wisata agro, baik yang dikembangkan oleh pemerintah daerah, swasta ataupun oleh masyarakat petani,nelayan atau peternak.

Hasil analisa Structural Equation Modelling (SEM) menunjukkan bahwa variabel kinerja kualitas destinasi berpengaruh signifikan terhadap kegiatan pemasaran, kepuasan pengunjung dan Behavioral intention. Apabila niat berprilaku pengunjung positif dan baik, maka dipastikan menunjang angka kunjungan agrowisata di Malang Raya. Sedangkan menurut hasil analisa Sustainability Livehoods Analysis (SLA) dalam semua aspek Livehoods Asset beradadalam kategori moderat atau cukup rentan, sehingga sebaiknya disarankan adanya peningkatan dalam pembinaan pelaku agrowisata, pengaktifan kelompok tani,perluasan informasi, kelestarian lingkungan, konservasi lahan, pemberianbantuan permodalan, perbaikan infrastruktur destinasi dan pengembangan teknologi.

Hal itu sebagian yang disampaikannya dihadapan tim penguji yang terdiri dari Prof. Dr.Ir.DjokoKoestiono, MS.,Prof. Dr. Ir Budi Setiawan, MS.,Prof.Dr.Ir. M Muslich Mustajab,MSc., Prof.Dr.Ir.Soemarno, MS., Dr.Ir.Syafrial D, MS. dan penguji luar yang juga merupakan Rektor Universitas Widyagama Malang Prof.Dr.Ir. IwanNugroho, MS.

Dr. Silvana Maulida , SP, MP.


Dr. Silvana Maulida , SP, MP.

Dihadapan tim penguji Prof. Dr.Ir.DjokoKoestiono, MS.,Prof. Dr. Ir Budi Setiawan, MS.,Prof.Dr.Ir. M Muslich Mustajab,MSc., Prof.Dr.Ir.Soemarno, MS., Dr.Ir.Syafrial D, MS. dan Dr . Nasikh,SE.MPd. yang merupakan penguji dari Universitas Negeri Malang, menyampaikan disertasinya pada kasus Agroindustri kentang di kota batu.

Pada dasarnya permasalahan yangdijumpai pada sistem agroindustri kentang di Kota Batu adalah terkait penerapan manajemen rantai pasoknya. Secara umum, kendala yang terjadi adalah ketidaklancaran dalam aliran barang atau material, aliran finansial, serta aliran informasi.

Upaya peningkatan kinerja manajemen suplai pasok berkelanjutan ( Sustainable Supply Chain Management ) dikaji berdasarkan beberapa analisa  meliputi tiga skala,yakni : nilai stress dan koefisien determinasi, analisisstatusatau indeks berkelanjutan, analisis monte carlo, serta analisis leverage.

Sehingga yang harus dilakukan untuk pelaku agroindustri kentang yaitu pengaturan jadwal tenaga kerja berikutSOP, data dan informasi terkait arus barang,uang, pemasok dan pelanggan.selainitu juga perlunya manajemen stok produksi yang baik, survey bahan baku sertapeningkatan kulaitas produk.Yang tak kalah penting adanya kebijakan pemerintahdaerah melalui dinas terkait untuk melakukan pendidikan dan pelatihan tenagakerja, pendampingan bisnis serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan manajemen rantai pasok berkelanjutan pada agroindustri kentang. [zma]