Menindaklanjuti kerjasama antara fakultas pertanian dan CEH (Centre for Ecology and Hydrology) Lancester UK dalam bidang penelitian dan publikasi, Selasa (13/03/2018) bertempat di ruang sidang lantai 3 Jurusan Tanah FP, berlansung penyerahan bantuan perlengkapan alat Gas Chromatography (GC) dari CEH kepada Fakultas Pertanian UB. Hadir dalam acara tersebut Dekan Prof. Dr. Ir. Nuhfil hanani AR, MS dan Wakil Dekan I  Prof.Dr.Ir. Kuswanto, MP., adapun dari CEH hadir Dr. Rebecca L Rowe dan Mr Simon Oakley.

Dalam sambutannya Dekan mengucapkan terimakasih kepada CEH karena bersedia menindaklanjuti kerjasama sebelumnya, dengan adanya peralatan GC ini mampu meningkatkan jumlah penelitian yang nantinya akan menambah jumlah publikasi bagi dosen dan berharap kedepannya bisa bekerjasama dengan jurusan lain yang ada di FP.

“saya juga berterima kasih kepada fakultas pertanian sudah mau mendukung kerjasama ini,khususnya dalam penelitian dan publikasi yang dilakukan CEH dengan Dosen di FP,dengan adanya alat bantuan ini bisa lebih meningkatkan penelitian yang berlanjut” ungkap Rebecca.

Acara dilanjutkan dengan pemberian pelatihan dan training alat GC bagi dosen dan tenaga laboran di jurusan Tanah FP, adapaun pelatihan tersebut bertujuan selain agar memaksimalkan penggunaan alat GC tersebut , juga untuk menstandarisasi penggunaan alat agar ada kelak hasil nya bisa sesuai dengan peralatan yang ada di CEH Lancester UK.

Gas Chromatography (GC) termasuk dalam salah satu alat analisa (analisa kualitatif dan analisa kuantitatif), kromatografi gas dijajarkan sebagai cara analisa yang dapat digunakan untuk menganalisa senyawa-senyawa organik, juga merupakan jenis kromatografi yang digunakan dalam kimiaorganik untuk pemisahan dan analisis. GC dapat digunakan untuk menguji kemurnian daribahan tertentu dan memisahkan berbagai komponen dari campuran. Dalam beberapa situasi, GCdapat membantu dalam mengidentifikasi sebuah senyawa kompleks

Sehari sebelumnya juga telah dilakukan kunjungan CEH ke UB forest dalam rangka survey lapangan untuk penelitian, dimana UB forest di jadikan tempat untuk pelaksanaan penelitian bagi CEH dan FP. Karena dalam kerjasama ini selain pemberian peralatan juga meliputi suporting tenaga ahli dari CEH.(zma)