Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya berupaya mengembangkan dan berkontribusi untuk mewujudkan Universitas Brawijaya menjadi World Class University. Pengembangan dan kontribusi dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan universitas-universitas dari luar negri. Beberapa waktu sebelumnya, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya juga mendapatkan kunjungan dan diskusi hasil penelitian mahasiswa dari Universitas Miyazaki Jepang. Dalam kegiatan tersebut menghasilkan kerjasama yang semakin erat antara Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dengan Universitas Miyazaki Jepang. Kunjungan delegasi dari Universitas Miyazaki Jepang membuahkan hasil lain, yaitu terseleksinya mahasiswa fakultas pertanian untuk diundang mengikuti TRAINING PROGRAM ON THE CONSERVATION, MANAGEMENT AND USE OF GENETIC RESOURCES 2013 di Universitas Miyazaki Jepang selama 30 hari.

Fakultas pertanian memberangkatkan 4 delegasi untuk mengikuti program tersebut. Mahasiswa fakultas pertanian yang berkesempatan untuk mengikuti program training antara lain : Cokorda Javandira, Yunita Dian Puspita, Erfan Dani Septia dan Dwi Firmansyah Putra. Program training yang dilaksanakan di Universitas Miyazaki Jepang juga akan diikuti oleh delegasi mahasiswa dari Sunchon National University Korea, Kasetsart University Thailand, serta Prince of Songkla University Thailand.

Dalam kegiatan pelatihan diajarkan kepada peserta tentang konservasi, managemen dan penggunaan sumber genetik melalui kuliah bersama dan kegiatan praktikum. Materi training yang didiskusikan bersama antara lain Genetic Bioresources, Role of Genetic Resources to Society, Essential Bioinformatics dan Practice and Method of Modal Genetic Resources.

Meskipun penyelenggaraan training tersebut di laksanakan di Jepang, namun dalam kegiatan training semuanya diajarkan dalam bahasa Inggris. Pemberangkatan delegasi mahasiswa peserta training oleh Prof. Ir. Sumeru Ashari., M.Agr.Sc, Ph.D selaku Dekan dan Karuniawan Puji Wicaksono, SP., MP., Ph.D selaku Ketua International Office Fakultas Pertanian dilaksanakan pada tanggal hari Sabtu (03/8). Dengan kerjasama yang semakin erat oleh kedua belah pihak universitas, diharapkan untuk tahun depan semakin banyak lagi delegasi yang mewakili Fakultas Pertanian dan hasil trainingnya bisa diterapkan sebagai pengembangan penelitian-penelitian terkini yang bermanfaat. Pengiriman delegasi dari Universitas Brawijaya ke Universitas Miyazaki Jepang menunjukkan bukti signifikasi pencapaian dan prestasi, sehingga harapan menjadi World Class University di ranking utama di masa-masa yang akan datang menjadi selalu optimis untuk diwujudkan. [soni/waw]