Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya melakukan upaya peningkatan mutu internasional bagi dua program studi yang dimilikinya, yaitu Program Studi Agroekoteknologi dan Program Studi Agribisnis dengan mendapat kunjungan dari tim assesor ASEAN University Network Quality Assurance (AUN QA) selama tiga hari berturut-turut (9-11/01/2018). Kegiatan ini dilaksanakan guna mendapat pengakuan dari lembaga yang telah eksis di Asia Tenggara untuk memiliki kesetaraan, terutama dalam bidang pendidikan dan jaminan mutu.

Rombongan assesor sambut langsung oleh Dekan FP Prof Nuhfil Hanani AR, MS di dampingi Wakil Dekan 1,2 dan 3 serta seluruh pimpinan administrasi FP,yang sebelumnya diterima oleh Rektor Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS di Ruang pertemuan lantai 8 gedung rektorat UB.

Adapun rombongan AUN QA beranggotakan dua assesor untuk Program Studi Agribisnis adalah Assoc. Prof. Dr. Evangeline P. Bautista (Ateneo De Manila University Philipina) dan Prof. Dr. Rohaida Mohd. Saat (Universiti of Malaya Kuala Lumpur Malaysia). Program Studi Agroekoteknologi adalah Assoc. Prof. Dr. Le Quang Minh (Vietnam National University, Ho Chi Minh City) dan Prof. Dr. Arnel Onesimo O. Uy (De La Salle University Philipina).

Acara kemudian dilanjutkan dengan assess document dan tatap muka bersama seluruh sivitas FP mulai dari pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, laboran serta mahasiswa yang dibagi dalam beberapa sesi. Adapun untuk program Studi Agroekoteknologi dilaksanakan di ruang Sidang lantai 3 gedung jurusan Budidaya Pertanian (BP) dan untuk PS Agribisnis dilaksanakan di Ruang Rapat lantai 2 gedung Jurusan Sosial Ekonomi.

Pada hari berikutnya tim Assesor  juga berkesempatan untuk melakukan dialog dengan alumni dan stakeholders dari berbagai bidang, dan dilanjutkan dengan mengunjungi seluruh sarana prasarana yang ada di lingkungan Fakultas Pertanian  seperti laboratorium, ruang dosen, ruang kelas, depo pertanian, ADC (Agribusiness Development Center)  dan green house. Pada kesempatan tersebut tim assesor pun mengunjungi gedung sentral FP yang sedang dalam  tahap finishing, yang kelak menjadi tempat kegiatan utama FP serta melihat Expo mahasiswa yang didalamnya menampilkan produk-produk pertanian hasil olahan mahasiswa.[zma]