Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FPUB) bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Kelurahan Provinsi Jawa Timur melaksanakankegiatan Pelatihan Kewirausahaan Pengelolaan Kopi dan Manajemen Usaha Kopi Barista.  Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari  (15 – 16/10/2019) di Ruang Seminar 1.1 Gedung Sentral FPUB, yang diikuti oleh mahasiswa, alumni dan penggiat usaha kopi.

Acara ini di buka langsung olehWakil Dekan II FP, Mangku Purnomo, Ph.D. serta Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa/Kelurahan , Endah Binawati M, S.P.,M.Si.  Mangku mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud partisipasi akademi untuk khususnya FP untuk bisa memberikan output yang maksimal bagi lulusan UB, apalagi terkait dengan sedang maraknya usaha kopi khususnya di Kota Malang sekarang ini.

“Petani kopi saat ini sedang diuntungkan dengan geliat kopi, tapi ingat  kita harus menjaga keberlangsungan hidup petani itu, karena bagaimnapun juga pemamfatan kopi rakyat pasti menunjang pemberdayaan masyarakat petani kopi sekitar ” ujar mangku.

Sementara itu Endah berharap bahwa pelatihan ini bisa menyumbangkan pemikiran yang kreatif, kontruktif, kongkret dan terukur, serta mampu memberikan ide-ide kreatif guna merealisikan rencana usaha yang diharapkan masyarakat.

“ Pelatihan Kewirausahaan ini merupakan media untuk meningkatkan ketrampilan calon wirausahawan serta tempat bertukar pengalaman dalam pengembangan usaha berbasis pengolahan kopi. Kelak nantinya secara nyata bisa meningkatkan taraf hidup terlebih mempercepat proses kemandirian masyarakat “ ungkap endah.

Pelatihan ini juga menghadirkan para pemateri yang sudah berkecimpung lama dalam usaha pengolahan kopi seperti, Demsi  pemilik Pariabang Kopi Rayat, Nugroho pemilik Kedai Apresio, Menel pemilik Remboeg Pawon dan Ahmed pemilik Kedai Kopi Lima, serta Andi Yuwono ketua Asosiasi Desa Wisata (Asidewi).

Selain mengikuti bimbingan secara materi para peserta mengikuti tour parktek pada kedai – kedai kopi untuk langsung praktek mengenai roasting kopi, latte art dan membuat menu-menu terbaru olahan kopi. (zma)