Universitas Brawijaya kembali menunjukkan kiprahnya di dunia internasional melalui aktivitas civitas akademikanya. Kali ini, salah satu dosen UB mendapatkan kepercayaan untuk memberikan kuliah tamu di salah satu perguruan tinggi terbaik di Thailand, yakni Chulalongkorn University.

Chulalongkorn university saat ini termasuk ke dalam 500 perguruan tinggi tterbaik di dunia. Adalah Anton Muhibuddin (Dosen FP-UB) yang kali ini diundang untuk memberikan kuliah tamu dengan judul “Tropical Forest Ecology in Indonesia: Fungal Perspective” dihadapan mahasiswa tingkat akhir program sarjana Fakultas Science-Chulalongkorn University.

Dalam kuliahnya, Anton menjelaskan tentang kelebihan hutan tropis di Indonesia khususnya dalam hal biodiversitas mikroorganisme. Fluktuasi cuaca yang rendah memberikan keuntungan berupa keragaman mikroorganisme yang tinggi di hutan Indonesia. Seperti halnya dengan hutan di wilayah beberapa negara Amerika dan Afrika, hutan tropis di Indonesia juga memiliki keunggulan keragaman jenis flora dan fauna yang inggi. Lebih lanjut Anton menjelaskan bahwa mikroorganisme tanah yang didapatkan dari beberapa wilayah hutan di Indonesia berpotensi untuk dapat dimanfaatkan beberapa hal seperti biofertilizer (pupuk hayati), biocontrol (pengendali hayati), dekomposer dan lainnya. Sebagai contoh adalah penggunaan beberapa jenis jamur mikoriza yang diperoleh dari sampel di beberapa wilayah hutan di Indonesia, memiliki kemampuan sebagai biofertilizer yang lebih baik dibandingkan sampel yang didapatkan dari wilaya lain. Tentunya penelitian yang mendukung hal tersebut masih sangat dibutuhkan pengembangannya.

Dalam kuliah tamu yang diikuti oleh lebih kurang 100 mahasiswa ini Anton juga menyinggung mengenai peran Indonesia yang vital dalam melestarikan flora dan fauna di dunia. Ketua Depaartemen Botani Universitas Chulalongkorn, Dr. Teerada Wangsomboondee mewakili Presiden Universitas Chulalongkorn menyampaikan bahwa kuliah tamu ini sangat penting dalam upaya internasionalisasi Universitas Chulalongkorn. Selain itu, lanjutnya, kuliah tamu ini sebagai wujud keseriusan Universitas Chulalongkorn dalam upaya memperkuat kerjasama dengan Fakultas Pertanian UB. [anton]