Melalui rangkaian kerjasama penelitian antara Universitas Brawijaya melalui Fakultas Pertanian (FP-UB) dan Riset Grup Agroforestry Tropik (RGAFT) dengan Centre for Ecology and Hydrology(CEH), Dosen jurusan Tanah FP Danny Dwi Saputra, SP. MSi dan Rika Ratna Sari, SP. Msi berkesempatan mengikuti kegiatan pelatihan manajemen dan analisis data menggunakan R , yangadilaksanakan (28/5/2019 – 7/6/2019) di Lancaster, United Kingdom.

Danny Dwi Saputra, SP. MSi dan Rika Ratna Sari, SP. Msi

Adapun tujuanutama dikirimnya 2 delegasi dari Fakultas Pertanian, UB ini ke kantor CEH diLancaster adalah untuk mendapatkan pelatihan dasar penggunaan aplikasi R khususnyauntuk manajemen data penelitian di UB Forest. Selain itu, aktivitas lain seperti mengunjungi beberapa situs penelitian dibawah manajemen CEH diharapkan dapatmemberikan pengalaman berharga yang mampu menginspirasi dan memotivasi penelitiguna melakukan penelitian bertaraf internasional untuk meningkatkan daya saingFP-UB secara global.

Aplikasi R telah banyak digunakan oleh peneliti-peneliti terkemuka didunia untuk proses analisa metadata ataupun big-data oleh karena reliability dan kemampuannya dalam mengolah data dalam jumlah sangat banyak.

Dibawah bimbingan peneliti CEH Simon Oakley, Rebecca Rowe dan Niall McNamarra, pelatihan manajemen database diawali dengan materi pengenalan aplikasi software R dan R studio. R merupakan software statistic open source yang dapat diakses secara gratis dan bekerja menggunakan bahasa pemrograman umum. Penggunaan software ini dapat membantu penyusunan metadata ataupun big data dengan waktu yang lebih cepat dan akurat karena menggunakan data mentah sebagai sumber data yang dikombinasikan dengan kode tertentu untuk membangun database sehingga meminimalkan human eror

”Setelah mengikuti pelatihan selama 10 hari di CEH, saya mendapatkan pengalaman baru dan meningkatkan skill  dalam pengelolaan metadata. selain itu saya mendapat kesempatan  untuk dapat membentuk metadata dengan melakukan kompilasi data dari data originalsensor (raw data) hingga data siap kompilasi dengan menggunakan kode dalam software R, juga menulis kode R sederhana untuk melakukan re-format dan kompilasi data untuk data sensor dan data karakterisasi lahan” ungkap danny.

                Selain mengikuti pelatihan juga mengunjungi laboratorium soil and plant interaction group,CEH di Lancaster,Kunjungan lapangan ke Gisburn Forest untuk melihat plotpenelitian permanen CEH serta kunjungan lapangan ke kebun percobaan LancasterUniversity untuk melihat percobaan yang dilakukan CEH tentang emisi karbon. (zma)