Dalam upaya percepatan akreditsi dan peningkatan sitasi jurnal dilingkungan FP, Badan Pegembangan Jurnal dan Buku (BPJB) Fakultas Pertanian mengadakan kegiatan pendampingan bagi para pengelola jurnal di FP.Acara yang berlangsung di Atria Hotel selasa (16/07/2019) tersebut diikuti sepuluh pengelola jurnal dilingkungan FP yang dibuka langsung oleh Dekan Dr. Ir. Damanhuri, MS.

Ketua BPJB FP Prof Dr. Moch.Dawan Maghfoer dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini merupakan tindaklanjut adanya jurnal di FP yang belum memenuhi target untuk terakreditasi (Science and Technology Index) sinta, serta untuk meningkatkan level akreditasi bagi jurnal yang sudah memenuhi.

“Bagaimanapun dengan kenaikan status akreditasi nantinya bisa meningkatkan status sitasi jurnal tersebut,oleh karenanya mari teman-teman pengelola dengan kegiatan ini segera untuk menaikan level , yah semoga cepat menjadi sinta2 atau 3, syukur-syukur bisa ke sinta 1,” ujar dawam.

Sementara itu Dekan FP Dr . Ir. Damanhuri, MS berharap agar para pengelola jurnal di FP agar segera mungkin menaikkan level akreditasinya, terlebih bagi jurnal yang belum terdaftar, segera tim BPJB untuk menjadikannya sebagai target utama pendampingan sehingga bisa dicarikan solusinya atas permasalahan yang terjadi.

“Bagaimanapun juga saya selalu mendukung segala kegiatan,terlebih  yang sangat menunjang untuk kemajuan fakultas termasuk jurnal-jurnal. Kalau kita punya banyak jurnal yang terkareditasi level tinggi terlebih bisa internasional pastinya bisa meningkatkan reputasi fakultas pertanian. Upaya langkah nyata harus terwujud jangan hanya wacana,saya pribadi komitmen untuk membantu sepenuhnya hal tersebut” ungkap dekan.

Kegiatan ini menghadirkan Prof.Kuswanto selaku Ketua Ketahanan Jurnal UB sekaligus Chief Editor Jurnal Agrivita yang merupakan jurnal pertanian internasional satu-satunya di UB menyampaikan materi ” Standart Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional”, serta Dr.Agr.Sc Hagus Tarno selaku editor jurnal agrivita yang juga Staff Ahli Wakil Rektor I UB memberi materi tentang “Standart Sistem Manajemen dan Pengelolaan Wbsite Jurnal Ilmiah”. (zma)