Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Program Studi Magister Ekonomi Pertanian Program Pascasarjana FPUB menggelar seminar dengan tema “ Peluang dan Tantangan Bisnis Pertanian di Era revolusi 4.0 “ yang bertempat di Ruang Seminar Lantai 5 Gedung Baru  FP, pada Kamis (02/05/2019).

Acara yang dihadiri oleh civitas akademika Program Pascasarjana Fakultas Pertanian, mahasiswa S1 dan beberapa dosen dari beberala PTS di Malang menghadirkan narasumber Dr. Boyke Setiawan Soeratin, SP,.MM.Agr. ( Ketua Lembaga Kewirausahaan dan Pengabdian PISPI), Ir. Arief Budiyanto, MM. (Kepala Audit Internal PTPN XII) dan Saktian Eryananta, SE ( Digital Star Up Ternaknesia )

Wakil Dekan I FP Prof Kuswanto dalam pembukaan acaratersebut menyampaikan bahwa pada saat ini dalam era revolusi 4.0 program pascasarjana sedang menyambut kurikulum yang berbasis 4.0, hal ini menyesuaikan kondisi real yang dinamis . Selain itu juga seiring dengan penyesuaian perbaikan proses pembelajaran yang dilakukan UB untuk menyongsong masyarakat 5.0.

Dalam penyampaian materinya Boyke mengatakan di era Revolusi Industri 4.0 ini akan semakin banyak lapangan pekerjaan yang dapat diciptakan mahasiswasehingga perguruan tinggi harus mampu mengantisipasi peralihan jenis pekerjaandi era ekonomi digital dengan menyiapkan kompetensi dosen dan kurikulum yangtepat dan mengajak mahasiswa untuk siap hadapi revolusi industri 4.0. Para pegiat pertanian harus bertindak cepat dan tangkas dalam merespon setiap perubahan.

Diharapkan mahasiswa agar memanfaatkan kesempatan kuliah sebaik mungkin, tidak hanya menguasai teori dan hasil-hasil penelitian tetapi juga mampu membentuk pola pikir inovatif sehingga pada saat terjun ke tengah-tengah masyarakat atau ke dunia kerja dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh untuk perubahan dan ikut serta berkontribusi dalam kemajuan bangsa, dimana pada saatini negara maju sudah menuju ke era industri 5.0.

“Mahasiswa bila ingin berwirausaha harus berfikir Thing Out of The Box, sehingga diharapkan bisa memunculkan inovasi dan kreativitas. Pemimpin masadepan harus memiliki jiwa entrepreneur yang berani mengambil keputusan dan resiko serta mempunyai visi dan solusi atas kebutuhan penyediaan lapangan kerja,” ujar boyke.

Di sisi lain Ir.Arief Budiyanto, MM. menyampaikan bahwa pada era saat ini PTPN XII sudah berupaya untuk melakukan inovasi-inovasi dalam menghadapi revolusi industri 4.0 diantaranya berupa penanganan bisnis perkebunan dari hulu sampai hilir. Selain itu juga beberapa pekerjaan telah mengarah ke mekanisasi serta telah menerapkan Sistem Informasi Manjemen dengan menggunakan ERP (Enterprise Resource Planning) SAP (SystemApplication and Processing) . Sedangkan Saktian Eryananta, SE dari Ternaknesia menceritakan pengalamannya mengembangkan bisnis digital start up di bidang peternakan.

Dalam kesempatan yang sama disampaikan oleh Dr. Suhartini, Dosen Program Pascasarjana UB yang merancang ini dan sekaligus sebagai koordinator acara ini, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan perkuliahan di Program Studi Magister Ekonomi Pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan mahasiswa tentang topik-topik aktual sesuai kebutuhan padasaat ini, disamping juga untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. [ZMA]