sosek 03Practice makes perfect – itulah mungkin ungkapan yang tepat untuk mengapresiasi salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan di Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (Sosek), Fakultas Petanian Universitas Brawijaya. Acara Academic Talk yang diberi label Selosoan dihadiri tak kurang dari 20 staf akademik sebagai gebrakan program tradisi akademik di era kepemimpinan manajemen jurusan yang baru.

sosek 01Mengawali acara ini, Wisynu A. Gutama SP., MMA. selaku Sekretaris Jurusan Sosek mengungkapkan bahwa Academic Talk ‘Selosoan’ ini dimaksudkan sebagai wahana belajar semua dosen melakukan presentasi ilmiah untuk mendukung program akreditasi jurusan di masa yang akan datang. Secara teknis, program academic talk ‘Selosoan’ ini didukung dengan manajemen IT, diantaranya: 1) Sistem registrasi peserta yang dilakukan secara online difasilitasi oleh software Evenbrite – sebuah software yang dikhususkan untuk memudahkan manajemen registrasi suatu kegiatan; 2) Kegiatan ini juga difasilitasi dengan live streaming menggunakan software Google Hangout – yang dimaksudkan untuk memfasilitasi peserta yang ingin mengakses kegiatan secara online.

sosek 02Dua sesi presentasi dilakukan dalam kegiatan academic talk ‘Selosoan’ ini, yaitu: presentasi journal oleh Hery Toiba SP.,MP. berjudul Diet transition and supermarket shopping behaviour: is there a link?; serta review buku yang berjudul Food Tourism oleh Tatiek Koerniawati Andajani, SP.,MP. Selanjutnya sesi tanya jawab serta diskusi seputar materi pun dilaksanakan untuk melengkapi academic talk ‘Selosoan’.

Rosihan Asmara, SE.,MP., salah satu peserta academic talk bertutur “kegiatan ini harus kita pertahankan sebagai sebuah langkah awal bangkitnya tradisi akademik di Jurusan Sosek FP UB. Semoga program academic talk ‘Selosoan’ ini dapat memberikan suasana atmosfir akademik yang baru”. [MAJ/waw).