microbial fuel cellListrik termasuk dalam energi utama yang dibutuhkan manusia dan hampir dipastikan semua teknologi yang ditemukan membutuhkan energi ini. Pengembangan untuk mendapatkan sumber energi listrik terus dilanjutkan sehingga ketersediaan listrik dapat terjaga. Microbial Fuel Cells (MFCs) menjadi teknologi yang menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan listrik, menurut Nyoman dalam website Institut Teknologi Bandung (2010) MFCs ialah teknologi yang memanfaatkan mikrobial dalam medium organik untuk mengubah bahan organik menjadi energi listrik. Sifat mikroba yang dapat mendegradasi medium organik (enrichment media) pada MFCs menghasilkan ion elektron dan proton sehingga ion-ion inilah yang menghasilkan perbedaan potensial listrik.

Penelitian ini merupakan hasil kreativitas dari tim PKM-Penelitian Universitas Brawijaya dibawah bimbingan Pak Wisynu Ari Gutama SP, M.MA yang didanai DIKTI dan telah lolos Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian yang terdiri dari Priyanto Hermawan sebagai Ketua (FP 2012) dengan anggota Muhammad Bayu Mario (FP 2012), Dyka Wahyu Setiawan (FP 2012), dan Elisabeth Dioma Siahaan (FP 2013).

Tim peneliti telah melakukan pengamatan dan menduga bahwa di dalam lumpur Sidoarjo terdapat aktivitas mikroba yang sesuai dengan teknologi MFCs. Menurut Zielinska (2010) aktivitas bakteri pengoksidasi sulfida dapat mengakibatkan perubahan warna pada permukaan lumpur dan perubahan warna tersebut juga telah ditemukan pada lumpur Sidoarjo.

Adanya bukti aktivitas mikroba yang potensial untuk menghasilkan listrik akan menjadi jawaban baru bagaimana memanfaatkan musibah lumpur panas sidoarjo menjadi sebuah situs yang sangat bermanfaat, terutama untuk menjadi sumber bio-industri energi baru yang terbarukan. Penelitian yang ada saat ini masih sebatas eksplorasi terhadap jenis mikroba dalam lumpur Sidoarjo. Atas dasar hal tersebut, peneliti bermaksud melakukan penelitian lebih dalam dengan memanfaatkan mikrobial lumpur sidoarjo ini dalam MFCs. Harapannya hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan pembangkit listrik berbasis MFCs berskala besar khususnya di daerah Sidoarjo.

Penelitian ini meliputi aktivitas pengambilan sample lumpur Sidoarjo yang kemudian dilakukan isolasi bakteri tahan logam berat Mn dan Cu, Pembuatan alat uji MFCs yang selanjutnya diujikan dengan 6 perlakuan pengenceran bakteri. [timmicrobial/waw]