Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) adalah salah satu ajang bergengsi bagi mahasiswa program Vokasi maupun Sarjana yang diselenggarakan setiap tahun oleh Belmawa Kemendikbud yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik perguruan tinggi yang siapmenjadi agent of change untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Alwan Alif Fahillah

Masih diselimuti pandemic Covid 19 tak menyurutkan antusias UB untuk menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UB 2020, Rabu(10/06/2020) di Ruang Jamuan lantai 6 Gedung Rektorat UB. Ketua pelaksana Mawapres UB 2020  dr. Eriko Prawestiningtyas, Sp.F. Dep.menjelasakan bahwa tahun ini ajang mawapres UB sama seperti tahun sebelumnya dengan memilih 5 besar di tingkat Sarjana dan 1 juara di tingkat Vokasi yang dimulai semenjak bulan Februari 2020 lewat tahap sosialisasi hingga tersaring 6 kandidat yang telah diumumkan ke seluruh fakultas tanggal 18 Mei 2020.

“Kali ini presentasi para kandidat mawapres dilakukan secara online lewat aplikasi Zoom. Terdapat beberapa perubahan dan modifikasi dalam penilaian kandidat. Beberapa poin penilaian yakni dari nilai IPK memiliki bobot 20%, karya tulis ilmiah berbobot 30%, prestasi akademik maupun non akademik 20% serta 20% sisanya diambil dari kemampuan Bahasa Asing,” ujar dr. Eriko.

Sebelum pengumuman pemenang, Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS berpesan kepada pemenang yang akan mewakili UB di level nasional agar lebih memaksimalkan usahanya di jenjang selanjutnya karena mahasiswa merupakan cermin seluruh mahasiswa dan sivitas akademik.

“Saat ini mungkin momentumnya kita bisa mendapat juara Mawapres di level nasional baik di jenjang sarjana maupun vokasi. Maka nantinya saya harap kepada WR 3 untuk membekali dan menambal kekurangan mawapres UB agar mendapat juara,” kata Prof. Nuhfil.


Penyerahan yang diwakili Wakil Dekan 3 FP Dr.Agr.Sc. Hagus Tarno, S.P., M.P. dari Wakil Rektor 3 Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim, M.Si

Saat yang ditunggu yaitu pengumuman pemenang dimana pemenang diwakili oleh Wakil Dekan Fakultas masing-masing. Mawapres UB 2020 diraih Alwan Alif Fahillah dari Fakultas Pertanian, Juara dua diraih Izzah Linatul Khariroh dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Cintya Paramita dari Fakultas MIPA mendapat Juara tiga. Juara Harapan satu diraih Dennis Ievan Hakim dari Fakultas Kedokteran. Sherina Manueli Anggina dari Fakultas Ilmu Budaya mendapat Juara Harapan dua. Sedangkan jenjang Vokasi diraih Maulana Derifato.

Selain para pemenang yang dinilai oleh tim dewan Juri yang diketuai Prof.Dr.Ir. Hendrawan Soetanto , M.Rur.Sc., juga terdapat Juara favorit yang dipilih oleh mahasiswa lewat polling di sosmed yang dilakukan oleh Eksekutif Mahasiswa (EM) dan pemenang juara favorit diraih Inggita Revira dari Fakultas Teknologi Pertanian.[dimas]

*sumber Prasetya UB