Bertempat di Gedung baru lantai 5 FPUB, pada hari selasa (29/08) diadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan kampus Mahasiswa Baru (PKK-Maba) program pascasarjana fakultas pertanian tahun akademik 2017/2018. Sebanyak 158 orang mahasiswa baru mengikuti kegiatan tersebut, 106 orang dari program magister (S2) dan 52 orang dari program doktor (S3). Acara dibuka langsung oleh Wakil Dekan I FPUB, Prof Dr Ir Kuswanto, MS, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada maba dan menyampaikan permintaan maaf atas ketidakhadiran dekan .

“Dengan peningkatan jumlah maba program pascasarjana,berarti bahwa pasca sarjana FP mulai berkembang dan meningkat,oleh karenanya maka kedepannya program pascasarjana fp berupaya meningkatkan mutu dengan mulai diadakan penerimaan mahasiswa pascasarjana dari luar negeri  pada semester genap nanti, ini terkait juga dengan program student exchange  melalui kerjasama dengan beberapa universitas luar negeri” ,ujar kuswanto.

Ketua Pelaksana PKK Maba Pascasarjana yang juga sekretaris program pascasarjana FPUB, Cahyo Prayogo, SP, MP, Ph.D, dalam sambutan pembukaaan menyampaikan “ ada berapa upaya peningkatan pelayanan akademik yang sudah dilaksanakan, seperti dibuat ruang bimbingan klinik bagi mahasiswa pasca,terutama yang mempunyai masalah atau kesulitan dalam proses penulisan desertasi atau thesis,pengembangan pelayanan yang berbasis online untuk nilai atau administrasi akademik lainnya”

Dalam kegiatan ini disampaikan beberapa materi untuk para mahasiswa baru Pascasarjana, yaitu, Peraturan akademik oleh Wakil Dekan I Prof.Dr.Ir. Kuswanto, MS, Penjelasan Visi ,Misi,Peraturan PPsFP oleh Ketua program pascasarjana FP Prof. Dr. Ir. Soemarno, MS, Kendala dan Solusi Penulisan Jurnal dan Publikasinya oleh Ketua PPIKID UB, Prof. Ir. Wani Hadi Uomo, Ph.D dan Ketua BPJB FPUB, Prof.Dr.Ir. Dawam Maghfoer, MS, dan Pengenalan Kurikulum baik Program Doktor dan Magister oleh masing – masing ketua program studi.(zma)